2023 Pokémon World Championships: Piala Dunia Bagi Para Penggemar Pokémon

Hobi sekarang ini bukan hanya untuk dinikmati tapi juga dipertandingkan. Para pecinta video game sekarang mengenal yang namanya esport atau olahraga elektronik, tak terkecuali untuk video game dari franchise Pokémon yang tahun ini akan kembali menggelar ajang esport terbesarnya, 2023 Pokémon World Championships yang akan diselenggarakan di Yokohama, Jepang.

Logo waralaba Pokémon

Pokémon adalah sebuah franchise media yang dimiliki oleh perusahaan video game terkenal asal Jepang, Nintendo. Pokémon diciptakan oleh Satoshi Tajiri pada tahun 1995 dan pada awalnya dikenal sebagai seri game untuk konsol Game Boy. Seiring berjalannya waktu, Pokémon mulai merambah ke berbagai media seperti anime, manga, dan lain-lain.

Mengenal 2023 Pokémon World Championships

Logo Pokémon World Championships

Pokémon World Championships adalah ajang kompetitif tahunan untuk berbagai game Pokémon dan biasanya berlangsung selama 3 hari. Dalam edisi 2023, event ini akan diadakan mulai dari tanggal 11 sampai dengan 13 Agustus di Yokohama, Jepang. Para pemain Pokémon dari seluruh dunia akan memperebutkan hadiah dengan total $717,500 USD atau lebih dari Rp 10 miliar.

Cabang Yang Dipertandingkan

Pokemon Unite sebagai salah satu cabang yang dipertandingkan

Franchise Pokémon memiliki banyak game sehingga akan ada beberapa jenis game Pokémon yang akan dipertandingkan dalam event ini. Berikut daftar game-game yang dipertandingkan dan hadiahnya:

  • Pokémon Scarlet & Violet – $51,500 USD
  • Pokémon Trading Card Game – $119,000 USD
  • Pokémon Go – $47,000 USD
  • Pokémon Unite – $500,000 USD

Indonesia Juga Ikut

Ada peserta dari Indonesia gak? Tentu saja ada. Mereka adalah Illuna, eeyorr, Necr0, AXQ, dan Zoe (ini nickname dalam game, bukan nama asli) yang tergabung dalam tim RRQ (Rex Regum Qeon). Mereka akan bertanding sebagai satu tim dalam cabang Pokémon Unite. Tim RRQ mendapatkan tempat dalam kejuaraan dunia ini setelah menjadi juara dalam Pokemon UNITE Championship Series 2023 zona Asia Pasifik Barat dan memenangkan hadiah sebesar $15,000 USD.

Instagram @teamrrq

Kalian para pecinta Pokémon pastinya gak sabar, kan? Sama. Yuk, nonton 2023 Pokémon World Championships dan jangan lupa dukung perwakilan Indonesia! #IndoPride

Sumber: Pokémon official website, Liquipedia, Instagram Team RRQ